Kami adalah penyedia jasa penerbitan dan percetakan yang telah beroperasi sejak tahun 2016, dan bergabung menjadi anggota IKAPI dengan nomor 258/JTE/2023. Jika Anda memiliki naskah yang masih nganggur, daftar dan terbitkan bukumu sekarang !!!LIHAT PAKET TERBIT- Menulis Untuk Kemanfaatan -

container no-pad-m no-pad-v-m widgetNoTitle noCapSlider

8/slider/storage/16-9/1140

Iklan Tersedia ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-31-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-31-9</a>
PROMO TERBATAS !!!
SPACE IKLAN - A1
100k / bulan
250k / 3 bulan

Iklan Tersedia ads right available col-xs-12 col-sm-6 img-31-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads right available col-xs-12 col-sm-6 img-31-9</a>
PROMO TERBATAS !!!
SPACE IKLAN - A2
100k / bulan
250k / 3 bulan

NILAI - NILAI PANCASILA TERHADAP HACKER



BAB I PENDAHULUAN

1.1.           Latar Belakang Masalah

Dunia yang sebenarnya luas tetapi terlihat kecil berkat kemajuan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang teknologi informasi. Dengan kehadiran internet didunia ini, segala kebutuhan informasi tersaji dengan sangat cepat. Seiring dengan perkembangan zaman yang juga diiringi dengan perkembangan kejahatan dalam dunia maya (internet) khususnya, muncul yang namanya Hacker. Banyak orang mengaku resah dengan apa yang dilakukan para Hacker. Pasalnya, mereka telah melanggar nilai - nilai pancasila sebagai pedoman bangsa Indonesia. Tapi, sebagian hacker mengaku bahwa aksi yang mereka lakukan adalah untuk menegakkan keadilan.
Melihat situasi diatas, penulis menjadi tertarik untuk membuat makalah dengan judul “Nilai – Nilai Pancasila Terhadap Hacker”.

1.2.           Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut :
a.       Bagaimanakah peranan pancasila terhadap perkembangan teknologi informasi ?
b.      Bagaimanakah keterkaitan antara pancasila dengan Hacker ?

1.3.           Batasan Masalah

Dikarenakan luasnya ilmu pengetahuan, maka makalah ini terbatas pada hal-hal dibawah ini :
a.       Menjelaskan peranan pancasila dalam pengembangan teknologi informasi.
b.      Menjelaskan keterkaitan antara pancasila dengan Hacker.

1.4.           Tujuan

Tujuan dari pembuatan makalah ini antara lain sebagai berikut :
a.       Pembaca dapat memahami peranan pancasila terhadap perkembangan teknologi informasi.
b.      Pembaca dapat memahami keterkaitan antara pancasila dengan Hacker.

1.5.           Manfaat

a.       Diharapkan bisa menjadi rujukan atau referensi ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.
b.      Menambah pengetahuan bagi yang membaca makalah ini.

1.6.           Tinjauan Pustaka

Berikut kajian studi yang terkait dengan makalah ini :
a.       Arwani Muhammad (2013) dalam jurnalnya yang berjudul “Memahami Serta Mengamalkan Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara” menyatakan bahwa pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia memuat nilai-nilai dan falsafah kehidupan bangsa Indonesia sekaligus sebagai dasar negara yang harus dijunjung tinggi serta diamalkan oleh seluruh warganegaranya.
b.      Eko A Meinarno dan Sri Fatmawati Mashoedi (2016) tentang “Pembuktian Kekuatan Hubungan antara Nilai – Nilai Pancasila dengan Kewarganegaraan”.
c.       Muwaffiq Jufri (2016) tentang “Pembatasan terhadap Hak dan Kebebasan Beragama di Indonesai”.

1.7.           Sistematika Penulisan

Bab I Pendahuluan
Bab ini menguraikan latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan maslah, tujuan, manfaat, tinjauan pustaka, dan sistematika penulisan.
Bab II Landasan Teori
Bab ini memberikan uraian mengenai teori-teori yang berhubungan dengan pokok-pokok permasalahan yang penulis ambil.
Bab III Pembahasan
Bab ini memberikan uraian mengenai pembahasan dari rumusan masalah yang ada.
Bab IV Penutup
Bab ini memberikan uraian mengenai kesimpulan dan saran yang bersifat membangun dengan adanya sistem komputer agar dapat memberi manfaat bagi pembaca pada umumnya.

BAB II LANDASAN TEORI

2.1.           Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi Informasi (TI)  atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

2.2.           Dampak Tekologi Informasi

Dampak positif :
a.       Membantu memepermudah pekerjaan kita.
b.      Memudahkan komunikasi jarak jauh dengan orang lain.
c.       Dapat bertukar informasi dengan mudah.
d.      Jual beli dan promosi barang lebih mudah.
e.       dll.
Dampak negatif :
f.       Munculnya penipuan  lewat internet.
g.      Meningkatkan budaya plagiarisme.
h.      Adanya konten yang tidak seharusnya dilihat seperti pornografi.
i.        Pencurian data pribadi maupun non-pribadi.
j.        Maraknya perjudian online.
k.      dll.

2.3.           Pengertian Hacker

Peretas (bahasa Inggrishacker) adalah orang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan.

2.4.           Pengertian Pancasila

Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskertapañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia

2.5.           Pengertian Internet

Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol / Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").

BAB III PEMBAHASAN

3.1.           Peranan Pancasila Terhadap Perkembangan Teknologi Informasi

Perkembangan dunia teknologi informasi sudah dimulai sejak dulu karena manusia mempunyai akal dan dengan akal merakalah yang terus memicu perkembangan teknologi informasi. Namun, tidak setiap perkembangan selalu membawa kebaikan. Disinilah peran pancasila, semua manusia pasti menginginkan perkembangan teknologi demi mewujudkan kesejahteraan dan kehidupan yang lebih baik. Di Indonesia perkembangan tersebut terikat dalam suatu nilai – nilai tertentu sehingga memberikan dampak positif. Pancasila telah memberikan dasar nilai – nilai dalam pengembangan teknologi informasi yaitu didasarkan pada moral ketuhanan dan kemanusiaan yang adil dan beradab.
Sila – sila pancasila yang harus menjadi landasan sistem dalam pengembangan teknologi informasi, antara lain sebagai berikut :
a.       Sila “ketuhanan yang maha esa” memberikan dasar-dasar ilmu pengetahuan mencipta, keseimbangan antara rasional dan irasional, antara akal dan kehendak. Berdasarkan sila ini teknologi informasi tidak hanya memikirkan apa yang ditemukan dibuktikan dan diciptakan tetapi juga dipertimbangkan maksud dan akibatnya apakah merugikan manusia disekitarnya atau tidak. Pengolahan diimbangi dengan melestarikan.
b.      Sila “kemanusiaan yang adil dan beradab”, memberikan dasar-dasar moralitas bahwa manusia dalam mengembangkan teknologi informasi harus bersikap beradab karena teknologi informasi adalah sebagai hasil budaya manusia yang beradab dan bermoral. Oleh karena itu, pengembangan Iptek harus didasarkan pada hakikat tujuan demi kesejahteraan umat manusia. teknologi informasi bukan untuk kesombongan dan keserakahan manusia. Namun, harus diabdikan demi peningkatan harkat dan martabat manusia.
c.       Sila “persatuan Indonesia” memberikan dasar-dasar universalitas dan internasionalisme (kemanusiaan) dalam sila-sila yang lain. Pengembangan teknologi informasi hendaknya dapat mengembangkan rasa nasionalisme, kebesaran bangsa serta keluhuran bangsa sebagai bagian umat manusia di dunia.
d.      Sila “kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan” memberikan dasar-dasar pengembangan teknologi informasi secara demokratis, artinya setiap ilmuan harus memiliki kebebasan untuk mengembangkan teknologi informasi juga harus menghormati dan menghargai kebebasan orang lain dan juga memiliki sikap yang terbuka untuk dikritik dikaji ulang maupun di bandingkan dengan penemuan lainnya.
e.    Sila “keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia” memberikan dasar-dasar pengembangan teknologi informasi haruslah menjaga keseimbangan keadilan dalam kehidupan kemanusiaan yaitu keseimbangan keadilan dalam hubungannnya dengan dirinya senndiri maupun dengan Tuhannya, manusia dengan manusia, manusia dengan masyarakat bangsa dan negara, serta manusia dengan alam lingkungannya.

3.2.           Keterkaitan Antara Pancasila Dengan Hacker

Setelah kita mengetahui bahwa perkembangan teknologi informasi harus berlandaskan pancasila agar dapat memberikan nilai – nilai positif bagi perkembangan kesejahteraan hidup manusia. Sekarang kita coba kaitkan antara pancasila dan kacker. Simak ulasan dibawah ini :
a.       Sila pertama “Ketuhanan Yang Maha Esa”
Dapat dijelaskan bahwa mayoritas rakyat Indonesia percaya adanya Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. Bersikap hormat dan saling tolong – menolong antara pemeluk agama yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Saling toleran terhadap kepercayaan masing – masing.
Berdasarkan penjelasan diatas tersebut dan dengan pengertian hacker yang sesungguhnya, seharusnya hacker menghormati situs-situs keagamaan lain untuk menjalankan ibadah dan menyebarkan agamanya. Bukannya malah menyerang situs tersebut karena ketidakcocokan terhadap sebuah agama tersebut. Dan tidak seharusnya memaksakan kehendak terhadap orang lain, karena setiap orang mempunyai hak atas kepercayaan mereka masing-masing.
b.      Sila ke-dua “Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab”
Dapat dijelaskan bahwa seharusnya tiap orang di indonesia harus bisa memiliki sikap saling mencintai terhadap sesama manusia, saling tenggang rasa dan tidak semena-mena terhadap orang lain.
Maka, seharusnya seorang hacker dapat membantuan terhadap sesama manusia dan memberitahukan kelemahan-kelemahan suatu situs terhadap orang yang mempunyai hak atas situs tersebut, sehingga menimbulkan rasa kepedulian, bukan malah sebaliknya, yaitu merusak bahkan menghancurkannya.
c.       Sila ke-tiga “Persatuan Indonesia”
Dapat dijelaskan bahwa setiap warga negara indonesia dapat mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.
Akhir – akhir ini banyak situs yang dibobol oleh warga negara lain, tapi hacker Indonesia tidak tinggal diam, hacker melakukan serangan balik. Karena kecintaan terhadap bangsa indonesia dan tanah air, oleh karena itu hacker tidak bertindak membela negaranya. Meskipun cara yang dilakukan sebenarnya tidak baik, tetapi demi mempertahankan persatuan negara indonesia, apapun bisa dilakukan.
d.      Sila ke-empat “Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan”
Dapat dijelaskan bahwa kita adalah negara yang mempunyai pemimpin dan telah dipilih oleh rakyat. Kita harus taat dan patuh terhadap hukum yang berlaku
Ketika hacker tidak suka terhadap kepemimpinan orang lain, seperti peristiwa pembobolan  situs kepolisian Indonesia dengan mengganti halaman utama menjadi tulisan “pencuri sandal dihukum 3 tahun, koruptor dihukum 2 tahun dst”. Meskipun  hal tersebut benar dan seperti tidak adil. Tetapi proses hukuman tersebut pastilah sudah melewati pengadilan dan sudah dengan keputusan hakim (pemimpin pengadilan). Kita harus menghormati putusan tersebut. Protes boleh saja, asal dengan cara baik
e.       Sila ke-lima “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”
Sudah jelas bahwa bersikap adil terhadap sesama harus dilakukan, menghormati hak orang lain, dan tidak menggunakan hak milik untuk usaha-usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain.
Akhir – akhir ini banyak kasus tentang virus ransomwere yang mencuri dokumen – dokumen dalam komputer dengan cara di enkripsi. Dan kita harus membayar agar bisa mendapatkan dokumen tersebut kembali.

BAB IV PENUTUP

4.1.           Kesimpulan

Dari pembahasan diatas, maka berikut kesimpulan yang diperoleh :
a.       Perlunya nilai – nilai pancasila dalam proses perkembangan teknologi informasi.
b.      Jika ingin menjadi hacker. Maka gunakanlah kemampuan anda untuk hal yang bersifat positif.

4.2.           Saran

a.       Bagi pembaca :
Tidak mudah melakukan hal positif dan mudah sekali berbuat negatif. Kami menghimbau khususnya pada orang tua agar benar – benar menanamkan nilai – nilai pancasila sejak dini kepada anak - anak.
b.      Bagi penulis :
Penulis tau bahwa kesempurnaan hanya milik Tuhan yang Maha Esa. Maka, kritik dan saran dari pembaca sangat kami harapkan demi kemajuan kita bersama menjadi lebih baik.



DAFTAR PUSTAKA


Unknown . “Teknologi Informasi” . 25 September 2016 . https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi

Unknown . “Hacker” . 25 September 2016 . https://id.wikipedia.org/wiki/Hacker

Unknown . “Pancasila” . 25 September 2016 .  https://id.wikipedia.org/wiki/Pancasila

Unknown . “Internet” . 25 September 2016 . https://id.wikipedia.org/wiki/Internet

Unknown . “Pancasila Sebagai Paradigma IPTEK” . 25 September 2016 . http://mettasetiani.blogspot.co.id/2013/03/pancasila-sebagai-paradigma_5047.html

Unknown . “hacker dengan ideologi bangsa” . 25 September 2016 . http://hafiz-ru3l4z.blogspot.co.id/2009/10/hubungan-hacker-dengan-ideologi.html


1 komentar:

  1. Toko Mesin · Jual Mesin · Susu Listrik · Portal Belanja Mesin Makanan, Pertanian, Peternakan & UKM · CP 0852-576-888-55 / 0856-0828-5927

    BalasHapus

Iklan Tersedia ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-31-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-31-9</a>
PROMO TERBATAS !!!
SPACE IKLAN - B1
25k / bulan
60k / 3 bulan

Iklan Tersedia ads right available col-xs-12 col-sm-6 img-31-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads right available col-xs-12 col-sm-6 img-31-9</a>
PROMO TERBATAS !!!
SPACE IKLAN - B2
25k / bulan
60k / 3 bulan